RSUD Dr. Haryoto

04 Maret 2022   929 kali  
Selama Hamil Lakukan Perawatan Payudara agar Menyusui Lebih Lancar dan Nyaman
Selama Hamil Lakukan Perawatan Payudara agar Menyusui Lebih Lancar dan Nyaman

Perawatan payudara selama hamil merupakan salah satu hal yang penting untuk menjadi perhatian ibu hamil. Karena jika disepelekan, dapat mengakibatkan proses menyusui menjadi terhambat bahkan gagal.

Penyebabnya bisa karena ASI tidak keluar karena sumbatan kotoran atau kerak. Ada juga karena puting yang masuk ke dalam dan berbagai masalah lainnya.

Siti Ruchanah Amd.Kep menyampaikan saat melakukan edukasi di depan pasien dan keluarga pasien pada Kamis, 13 Januari 2022 di ruang tunggu Klinik Kandungan perawatan payudara harus dilakukan sejak hamil trimester satu.

Namun tentu saja perawatan di trimester satu tidak terlalu rutin. Seperti membersihkan puting dengan minyak zaitun atau minyak kelapa murni, atau dengan bahan yang berbasis minyak bukan sabun.

Pembersihan payudara dengan sabun akan membuat payudara menjadi berkurang kelembabannya dan kering. Berikut tips merawat payudara, pemijatan payudara dan cara membersihkan puting selama kehamilan.

 

Perawatan Payudara Saat Hamil:

1. Menggunakan bra yang nyaman

Pada siang hari, gunakan bra khusus ibu hamil atau bra khusus olahraga yang mampu menopang seluruh payudara dan menyokong punggung. Sementara untuk malam hari, gunakan bra khusus tidur yang ringan dan lembut agar Bumil dapat tidur dengan lebih nyaman.

Saat hendak membeli bra tersebut, pilihlah bra yang terbuat dari kain katun, memiliki pengait atau tali yang dapat disesuaikan panjangnya, dan tidak berkawat.

2. Mengoleskan pelembap pada payudara

Payudara yang membesar bisa membuat kulit payudara jadi meregang dan muncul stretch mark. Perubahan pada payudara ini terkadang bisa menimbulkan rasa gatal.

Untuk meredakan gatal di payudara, Bumil dapat mengoleskan pelembab setelah mandi dan menjelang tidur. Bumil juga bisa menggunakan pelembap jika kulit payudara terasa gatal karena kulit payudara yang kering.

3. Menggunakan breast pad

Jika cairan yang keluar dari puting payudara berjumlah banyak hingga membasahi baju, Bumil disarankan untuk menggunakan breast pad di dalam bra. Bumil bisa memilih breast pad sekali pakai atau yang bisa dicuci dan digunakan berulang kali.

4. Mengompres payudara

Ketika payudara terasa nyeri dan sensitif, Bumil bisa mencoba memberikan kompres hangat dengan air yang sudah direndam air hangat pada payudara. Jika suhu hangat membuat Bumil merasa kurang nyaman, cobalah memberi kompres dingin dengan kain yang dibungkus es atau yang sudah direndam air dingin pada payudara.

5. Memijat payudara

Jika muncul benjolan di areola, Bumil bisa meredakannya dengan menempelkan handuk yang sudah dibasahi air hangat. Setelah itu, pijat payudara agar saluran susu menjadi lancar. Cara memijat payudara yang benar adalah dari bagian atas payudara menuju ke puting.

 

Pijatan lembut pada payudara:

Perawatan payudara dalam hal ini pijat payudara dimulai dari usia kehamilan memasuki trimester tiga. Perawatan payudara dilakukan dengan cara mengurutnya setiap pagi dan sore sebelum mandi.  

Pijat payudara dilakukan dengan cara sebagai berikut: 

Cuci terlebih dahulu tangan dengan sabun. Urutlah payudara dari pangkal menuju puting susu, masing-masing selama 2 menit atau 10 kali pijatan.  

Pemijatan ini berguna untuk menghilangkan sumbatan sel-sel mati yang membuat produksi air susu menjadi tidak lancar. Langkah selanjutnya adalah memijat payudara dari bagian bawah menuju ke puting.

 

Cara membersihkan puting:

Olesi puting dengan minyak atau baby oil agar puting menjadi lunak. 

Gosok puting susu dengan handuk agar kotoran keluar.

Jika puting masuk ke dalam, puting ditarik keluar dengan cara dipegang di antara dua jari yang dilapisi handuk. Lakukan secara perlahan-lahan dan berulang-ulang selama lima menit. Selain itu, untuk menjaga agar puting tetap menonjol serta sel-sel kulit mati terlepas dari puting, Anda dapat melakukan hal-hal berikut.

Lakukan perawatan payudara dua kali sehari di trimester 3 kehamilan atau pada usia kandungan 6-9 bulan.*

Banyak Dibaca





Sehat, Hebat, Kuat tanpa Narkoba
01 September 2023 66 kali Baca...
Studi Banding RSUD Waluyo Jati
14 Desember 2023 24 kali Baca...